Tuesday 28 March 2017

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Mengenai Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Mengenai Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini
4 Hal Yang Harus Diperhatikan Mengenai Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini

Perkembangan anak bukan hanya melulu soal nutrisi, melainkan juga mengenai perkembangan psikologi. Anak dengan psikologi yang baik dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang dapat bersaing secara sehat di lingkungan sekitarnya.
Tetapi, banyak orang tua yang kurang mengetahui cara untuk memantau perkembangan psikologi anak mereka. Berikut akan kami berikan 4 hal yang harus diperhatikan mengenai perkembangan psikologi anak usia dini.
  1. Perkembangan Kognitif
Perkembangan kognitif dibagi ke dalam beberapa tahap, antara lain tahap sensori motor, tahap pra-operasional dan tahap konkret operasional. Perkembangan difokuskan pada kemampuan anak menerima rangsangan dan memberikan respon terhadap lingkungan sekitar. Tahap sensori motor difokuskan pada kemampuan anak dalam gerakan refleks. Tahap pra-operasional difokuskan pada pengembangan respon terhadap rangsangan yang diberikan. Sedangkan tahap konkret operasional difokuskan pada kemampuan anak untuk menyelesaikan tugas-tugas yang lebih kompleks.

  1. Perkembangan Fisik
Perkembangan fisik difokuskan pada koordinasi otot dan syaraf  secara baik. Koordinasi antar seluruh anggota gerak dapat berjalan dengan baik. Merangkak, berjalan, berlari dan gerakan-gerakan fisik lainnya dapat terkoodinasi dengan baik sesuai dengan tahapan umurnya.

  1. Perkembangan Sosio-Emosional
Perkembangan sosio-emosional mencakup bagaimana kemampuan anak untuk peka terhadap lingkungan sekitar. Kesadaran sosial terbangun dengan baik, seperti kerjasama, kemurahan hati, persaingan sehat, hasrat sosial, empati, dan lain sebagainya.

  1. Perkembangan Bahasa
Perkembangan bahasa mencakup bagaimana anak dapat berbahasa melalui ucapan-ucapan yang terus berkembang secara berkesinambungan. Anak dimulai dari mengoceh, membuat kalimat satu hingga dua kata, dan diakhiri dengan bertutur kata yang benar.

Perkembangan psikologi anak usia dini juga dipengaruhi oleh nutrisi yang diserap oleh anak tersebut. Selain nutrisi makanan, nutrisi lainnya seperti susu juga sangat diperlukan. Susu menajdi pelengkap nutrisi yang baik untuk tubuh.Wyeth, sebagai produsen susu, sangat berkomitmen untuk menghasilkan produk susu bernutrisi demi mendukung tumbuh kembang anak. Kandungan protein dan mineral menjadi hal yang diprioritaskan oleh pihak Wyeth. Namun, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dalam hal pemilihan susu nutrisi.

No comments:

Post a Comment